Menggunakan Pil KB merupakan tantangan tersendiri bagi seseorang untuk melakukan diet. Sering dari kita yang beranggapan bahwa dampak dari Pil KB dapat menyebabkan kegemukan. Profesor Obsetri dan Ginekologi dari Universitas Indonesia, Biran Affandi mengatakan, penggunaan alat kontrasepsi cenderung membuat nyaman wanita. Jadi menurutnya, bukan pil yang membuat gemuk melainkan dampak psikologis wanita itu sendiri. bagaimanakah cara ampuh untuk mengatasi hal tersebut jika anda masih beranggapan bahwa Pil KB tetap menyebabkan kegemukan, berikut caranya :

Olahraga secara rutin.

Olahragalah rutin untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh dan berkeringatlah untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk jasmani dan pembakaran lemak dalam tubuh.

Menjaga pola makan

Ikutilah aturan pola makan sehat 4 sehat lima sempurna, kurangi konsumsi karbohidrat dan lemak secara berlebihan. karbohidrat dan lemak jahat merupakan sumber kegemukan jika tidak digunakan secara tepat maka dari itu gantilah ngemilmu dengan sayuran sehat dan buah.

Berpikirlah positif bahwa pil KB tidak menyebabkan kegemukan

Jangan berpikir dari pil KB dapat menyebabkan kegemukan karena penelitian tidak membuktikan hal tersebut, “Semua kontrasepsi juga bikin gemuk, apakah itu IUD, suntikan atau pil. Dengan itu, seorang wanita tidak mens lagi sehingga merasa hidup lebih aman dan lebih banyak makan. Jadi gemuk bukan efek langsung dari kontrasepsi,” kata dokter yang juga konsultan program keluarga berencana di India, Cina, Malaysia Biran menambahkan, hormon estrogen yang ada dalam pil KB dapat mengikat garam dan cairan tubuh, sehingga bisa menyebabkan penambahan berat badan. Tetapi pil KB modern tidak memberikan efek kenaikan berat badan.

 

Sumber artikel